Dropbox – Simpan dan buka file dari mana saja dengan sinkronisasi otomatis

Posted by & filed under , .

Buat yang sudah pernah mengenal Dropbox (versi lama) pasti tahu kalau website ini menyediakan jasa upload dan berbagi file (file sharing), hampir ngga beda seperti 4shared, Mediafire dan lain-lain. Ternyataa.. (saya juga baru tahu) sekarang ini Dropbox sudah hadir dengan fitur yang jauh lebih canggih dan memudahkan untuk menyimpan, mengamankan dan membuka file-file penting dari mana saja menggunakan berbagai device (PC, Laptop, Smartphone, gadget) yang terhubung ke akun Dropbox anda. Termasuk juga untuk berbagi file dengan kolega, klien ataupun teman kamu.  Oya? bagaimana ceritanya?

Jadi begini, misalnya kita membuat akun Dropbox, kemudian download aplikasi Dropbox dan instal di salah satu PC/laptop kita.  Dalam proses instalasi kita akan diminta untuk meng-create 1 folder dengan nama dropbox di komputer kita. Nah, selama komputer kita terhubung ke internet (online), apapun file yang kita simpan dalam folder dropbox ini, secara otomatis akan terupload diam-diam a.k.a berjalan di background ke akun kita di website Dropbox tanpa perlu repot mengupload dan sebagainya. Wah semudah itu???

Eh tunggu dulu, itu belum apa-apa. Misalnya kita menyimpan dokumen yang sedang kita kerjakan dalam folder Dropbox, dokumen apa saja, setiap kali kita merubah dan menyimpan file, secara otomatis akan langsung tersinkronisasi ke dokumen yang ada di akun kita di website Dropbox. Canggih skali bukan? Mengenai seberapa cepat proses sinkronisasi tergantung besar file dan kecepatan koneksi internet yang anda pakai.  Andaikan anda bekerja mengupdate dokumen tanpa terhubung ke internet, kapan saja begitu komputer anda terkoneksi (online) file-file di folder Dropbox anda akan otomatis tersimpan dan tersinkronisasi ke akun Dropbox. Wah makin menarik yah? tapi masih ada lagi lho..

Ceritanya anda biasa menggunakan beberapa komputer, misalnya 1 pc di rumah, 1 pc di kantor dan laptop yang harus anda bawa untuk bertemu klien dan sebagainya. Silahkan instal aplikasi dropbox di ketiga device anda itu dan login menggunakan akun yang sama. Nah setiap anda membuka salah satu komputer, file apapun yang anda simpan di akun dropbox anda akan berada di semua komputer tersebut.  Misalnya ada satu dokumen X yang anda buat dengan menggunakan komputer A kemudian anda simpan ke folder Dropbox. Ketika anda membuka komputer B, dokumen X tadi sudah ada di folder dropbox komputer B anda (dengan catatan komputer terhubung ke internet lho yah), lantas anda mengedit dokumen X ini menggunakan komputer B dan menyimpan editan terkahir. Ketika anda membuka komputer A kembali atau membuka komputer C, dokumen yang anda update terakhir di komputer B akan otomatis tersinkronisasi dan tersimpan di komputer A dan C juga. Wahahahaha… isn’t it greattt?

Nah, last but not least, buat pemakai smartphone dan tablet (Android, iOS, Balckberry) juga tersedia aplikasi untuk mengakses dokumen-dokumen anda di Dropbox. Eh jangan takut, untuk smartphone dan tablet dia tidak otomatis tersinkronisasi, dikawatirkan anda menyimpan file-file yang banyak atau berukuran besar, kalau tersinkronisasi otomatis bisa tewas memori device anda. Lewat gadget anda dapat mengakses dengan mudah akun Dropbox anda dan memilih file-file yang ingin dibuka. Gitu dehh.

Kurang lebihnya keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan dari Dropbox antara lain :

  1. Memudahkan pekerjaan tentunya.  Misalnya saya yang setiap hari berhadapan dengan komputer mengerjakan script (coding), seringnya saya bekerja menggunakan PC di kantor, kemudian melanjutkan di rumah baik menggunakan PC atau laptop. Atau kadang merubah suasana dengan mencari spot-spot yang asyik di sebuah cafe untuk bekerja dengan laptop saya. Sebelum menggunakan Dropbox, setiap selesai bekerja di salah satu komputer, hasil update terakhir harus dicopy ke flashdisk dan dipindahkan ke komputer lainnya untuk dilanjutkan nanti, selalu begitu dan pastinya ada 3 file-file pekerjaan yang berbeda di 3 komputer. Saking banyaknya yang dikerjakan, kadang saya lupa yang mana yang terakhir di update, nah repot jadinya. Dengan dropbox, apa saja yang saya kerjakan di salah satu komputer akan otomatis tersinkronisasi begitu membuka komputer lainnya.  Dan ketika saya presentasi hasil pekerjaan ke klien pun, hasil pekerjaan terakhir sudah pasti ada di laptop saya. Mudah skali kan?
  2. Mengamankan file-file penting. Karena semua file yang anda kerjakan dan anda simpan akan langsung terupload ke akun Dropbox, ngga perlu kuatir lagi incase (tapi mudah2an tidak terjadi) laptop/komputer anda hilang atau rusak. File anda aman dan tentram di server Dropbox.
  3. Bisa berbagi file (file sharing). Kita tinggal create link untuk file-file tertentu yang akan kita share ke orang lain atau bisa dengan membuat satu Share folder yang bisa diakses oleh orang-orang yang kita ijinkan.
  4. Mengerjakan dokumen secara tim. Kerennya, dengan akun yang sama, dokumen-dokumen di dropbox bisa dikerjakan secara tim, siapa saja yang terakhir merubah dokumen, file terakhir yang disimpan akan terupdate di komputer tim lainnya.

Yang pasti Dropbox jadi memudahkan hidup deh 🙂

Nah buat anda yang biasa ngeluh “duh.. saya kan gaptek. Gimana installnya?” Sumpah sih gampang skali. Dan nih saya kasi tutorialnya yah. (Don’t bother to say thanks.. just ‘like’ or ‘share’ this article would be cool enough )

Pertama : Daftar dan download Dropbox dulu disini

Kedua : Jalankan program instalasi yang di download. Kalau muncul warning seperti berikut. Tinggal klik Run aja.

Instalasi DropboxKetiga : Proses instalasi akan di mulai. Klil “Install” untuk memulai.

tutorial install dropboxKeempat : Disuruh milih, sudah punya account apa belum.

3Kelima : kalau sudah punya account tinggal masukkan email dan password untuk login, kalau belum silahkan isi formnya untuk create account Dropbox.

tutorial membuat account dropboxKeenam : Tunggu sebentar proses login atau pendaftarannya, kemudian disuruh milih paket yang mana. Pilih Free aja dulu, lumayan dapat free space 2 GB. Tenang saja, kalau kemudian anda merasa Dropbox sangat bermanfaat dan perlu space yang lebih besar, tinggal upgrade dan harganya relatif murah kok untuk $9,99 USD per bulan per 100GB. Murah banget malah untuk fitur2 cloud terbaru yang didapat.

5Ketujuh : nah berikutnya disuruh pilih proses instalasinya “Typical” atau “Advanced”? Bedanya sih kalau Typical proses instalasi akan membuat folder Dropbox anda secara otomatis di folder Document, kalau memilih Advanced, anda bisa menentukan sendiri lokasi folder Dropbox anda. Saran saya sih pilih “Advance” kemudian klik next dan pilih folder (klik tombol “Change“) dimana anda ingin membuat folder Dropbox untuk menyimpan file.

6

Kedelapan : Selanjutnya akan tampil “Tour” untuk mengenalkan fitur-fitur Dropbox, silahkan klik next seterusnya atau Skip saja. Nah proses instalasi selesai. Silahkan instal di semua pc/laptop yang anda gunakan atau gadget anda. Dan coba simpan file di folder Dropbox anda kemudian buka komputer lain yang sudah diinstal juga. Saya jamin anda akan tersenyum bahagia #eaaaaa…

Any qustions? Tinggal isi “comment” aja 🙂

 

 

 

 

 

3 Responses to “Dropbox – Simpan dan buka file dari mana saja dengan sinkronisasi otomatis”

  1. Website Gratis

    Cara share file file gimana min?

  2. JETTY

    Dear Bro, Mau ty. Krn Dropbox ada di folder komputer, jadi misal di save di folder dgn nama XX di drive D, maka org lain yg menggunakan komputer tsb, bisa membuka file drop box saya ya? Mohon info. Makasih

  3. fandhie

    @Jetty : iya pasti bisa kalau di komputer yang sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *