Dropbox – Simpan dan buka file dari mana saja dengan sinkronisasi otomatis

Buat yang sudah pernah mengenal Dropbox (versi lama) pasti tahu kalau website ini menyediakan jasa upload dan berbagi file (file sharing), hampir ngga beda seperti 4shared, Mediafire dan lain-lain. Ternyataa.. (saya juga baru tahu) sekarang ini Dropbox sudah hadir dengan fitur yang jauh lebih canggih dan memudahkan untuk menyimpan, mengamankan dan membuka file-file penting dari mana saja menggunakan berbagai device (PC, Laptop, Smartphone, gadget) yang terhubung ke akun Dropbox anda. Termasuk juga untuk berbagi file dengan kolega, klien ataupun teman kamu.  Oya? bagaimana ceritanya?

Jadi begini, misalnya kita membuat akun Dropbox, kemudian download aplikasi Dropbox dan instal di salah satu PC/laptop kita.  Dalam proses instalasi kita akan diminta untuk meng-create 1 folder dengan nama dropbox di komputer kita. Nah, selama komputer kita terhubung ke internet (online), apapun file yang kita simpan dalam folder dropbox ini, secara otomatis akan terupload diam-diam a.k.a berjalan di background ke akun kita di website Dropbox tanpa perlu repot mengupload dan sebagainya. Wah semudah itu???

Eh tunggu dulu, itu belum apa-apa. Misalnya kita menyimpan dokumen yang sedang kita kerjakan dalam folder Dropbox, dokumen apa saja, setiap kali kita merubah dan menyimpan file, secara otomatis akan langsung tersinkronisasi ke dokumen yang ada di akun kita di website Dropbox. Canggih skali bukan? Mengenai seberapa cepat proses sinkronisasi tergantung besar file dan kecepatan koneksi internet yang anda pakai.  Andaikan anda bekerja mengupdate dokumen tanpa terhubung ke internet, kapan saja begitu komputer anda terkoneksi (online) file-file di folder Dropbox anda akan otomatis tersimpan dan tersinkronisasi ke akun Dropbox. Wah makin menarik yah? tapi masih ada lagi lho..

Ceritanya anda biasa menggunakan beberapa komputer, misalnya 1 pc di rumah, 1 pc di kantor dan laptop yang harus anda bawa untuk bertemu klien dan sebagainya. Silahkan instal aplikasi dropbox di ketiga device anda itu dan login menggunakan akun yang sama. Nah setiap anda membuka salah satu komputer, file apapun yang anda simpan di akun dropbox anda akan berada di semua komputer tersebut.  Misalnya ada satu dokumen X yang anda buat dengan menggunakan komputer A kemudian anda simpan ke folder Dropbox. Ketika anda membuka komputer B, dokumen X tadi sudah ada di folder dropbox komputer B anda (dengan catatan komputer terhubung ke internet lho yah), lantas anda mengedit dokumen X ini menggunakan komputer B dan menyimpan editan terkahir. Ketika anda membuka komputer A kembali atau membuka komputer C, dokumen yang anda update terakhir di komputer B akan otomatis tersinkronisasi dan tersimpan di komputer A dan C juga. Wahahahaha… isn’t it greattt?

Nah, last but not least, buat pemakai smartphone dan tablet (Android, iOS, Balckberry) juga tersedia aplikasi untuk mengakses dokumen-dokumen anda di Dropbox. Eh jangan takut, untuk smartphone dan tablet dia tidak otomatis tersinkronisasi, dikawatirkan anda menyimpan file-file yang banyak atau berukuran besar, kalau tersinkronisasi otomatis bisa tewas memori device anda. Lewat gadget anda dapat mengakses dengan mudah akun Dropbox anda dan memilih file-file yang ingin dibuka. Gitu dehh.

Kurang lebihnya keuntungan-keuntungan yang kita dapatkan dari Dropbox antara lain :

Page 1 of 4 | Next page