Menyimpan Semua File dan Konten Blog Multiply ke Komputer Pribadi Anda

Posted by & filed under .

Download dan simpan blog Multiply
Tidak ada yang abadi di dunia ini, apalagi di internet.  Data dan dokumen yang kita simpan dalam sebuah server internet yang kita bangun atau beli sendiri saja bisa lenyap karena berbagai hal, apalagi yang menggunakan platform gratisan seperti blog gratisan, social media dan lain-lain. Menyusul social media lain yang memilih mundur dan menghapus fitur social media mereka seperti Friendster, kali ini giliran Multiply yang sudah mengumumkan bahwa sejak tanggal 1 Desember 2012 mendatang mereka akan menutup platform social media mereka dan menghapus semua data berupa tulisan, foto dan dokumen lainnya yang disimpan oleh member.  Alhasil banyak anggota pemilik account Multiply yang kecewa dan panik karna muatan konten yang sudah begitu banyak mereka upload selama bertahun-tahun melalui blog multiply ini, dan semuanya akan hilang begitu saja, belum lagi muatan ‘sejarah’ atau ‘memori’ para anggota dalam aktifitas mereka selama menggunakan platform ini.

Dalam pengumumannya, pihak Multiply berjanji akan menyediakan fasilitas bagi member untuk dapat menyimpan atau memindahkan konten di blog Multiply mereka, baik ke komputer sendiri atau ke platform lainnya, tapi buat yang sudah tidak sabar ingin menyelamatkan ‘sejarah’ yang tersimpan di website ini, anda bisa menggunakan aplikasi HTTrack Website Copier yang bisa di Download DISINI.

Caranya sangat mudah, berikut tutorialnya :

Langkah Pertama

Setelah download Installer HTTrack, silahkan instal seperti biasa. Cara penginstalannya sangat sederhana dan tidak perlu pengaturan konfigurasi yang ribet. Oya, jangan lupa pada waktu melakukan download, pilih yang sesuai dengan sistem operasi (OS) anda yah.

Langkah Kedua

Selesai intstal, jalankan program HTTrack, pertama kali dibuka akan tampak seperti gambar di bawah ini, klik NEXT saja :
Software menyimpan website
Tampilan berikutnya akan muncul seperti ini :
Simpan blog multiply dengan HTTrack
Isi New Project Name dan Project Category dengan nama sesuai selera saja, misalnya “My Multiply” dan kategori “Personal”. Pada kolom Base Path, tentukan di folder mana di komputer anda akan disimpan blog Multiply hasil download, klik aja tombol yang ada 2 buah titik di belakang text box untuk memilih folder. Kemudian klik NEXT, dan akan tampil layar berikut :
Download multiply
Klik tombol Add URL, kemudian isi alamat Multiply anda, misalnya fandhiee.multiply.com, tidak perlu memasukkan username dan password kalau anda hanya ingin menyimpan data-data yang tampil di blog multiply anda saja, kemudian klik OK, dan NEXT

Langkah Ketiga

Terakhir sebelum memulai proses download atau menyimpan blog Multiply anda ke komputer, tentukan pilihan-pilihan pada tampilan yang muncul seperti di bawah :

  • Disconnect when finished, kalau di centang, koneksi ke multiply akan terputus dengan sendirinya setelah proses download selesai
  • Shutdown PC when finished, kalau dicentang maka komputer akan di shutdown setelah proses download selesai. Proses penyimpanan website seperti blog Multiply, apalagi jika anda sudah memiliki banyak tulisan dan foto album selama bertahun-tahun, biasanya akan membutuhkan waktu berjam-jam, dengan menghidupkan fungsi shutdown ini anda bisa meninggalkan komputer selama proses dan setelah selesai aplikasi ini akan memerintahkan komputer anda untuk shutdown.
  • On hold, untuk menjadwalkan proses transfer/download dalam jam.
  • Save setting only, do not launch download now, kalau di centang maka settingan anda akan tersimpan namum tidak langsung didownload, sebaliknya jika tidak di centang, begitu anda meng-klik tombol FINISH, maka proses download akan segera berjalan.

Nah mudah kan? Silahkan dicoba yah, namum sekali lagi perlu diingat kalau proses penyimpanan website/blog seperti multiply membutuhkan waktu berjam-jam (tergantung seberapa aktif anda membuat postingan disana dan seberapa banyak dokumen dan foto yang anda simpan), jadi sebaiknya jangan memulai proses download kalau waktu anda terbatas, apalagi kalau menggunakan komputer kantor 🙂 tapi tenang, kalau terjadi sesuatu dan lain hal dan proses download terhenti, berikutnya ketika anda menjalankan program ini lagi, anda tinggal memilih Existing Project Name untuk melanjutkan proses download sebelumnya yang terputus, dan pada saat anda klik NEXT, pada pilihan Action, pilih Continue interrupted download.

Jangan lupa follow Twitter @fandhie yah, untuk mendapatkan update Tips & Tricks berikutnya.

5 Responses to “Menyimpan Semua File dan Konten Blog Multiply ke Komputer Pribadi Anda”

  1. Cisya Dewantara Nugraha

    Wah terimakasih sekali atas share-an tips &triknya. Sangat membantu buat pengungsi Multiply seperti saya ^^d

  2. sayamaya

    ini nanti datanya jadi bentuknya apa ya? komen2 di MP tersimpan juga kah?

  3. fandhie

    Tersimpan semua, seperti memindahkan blog multiply dalam bentuk offline

  4. dhimaz22.multiply.com

    klo skrg msih bs gk gan ?

  5. fandhie

    wah multiplynya dah almarhum gan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *